PEMERINTAH KOTA TEBING TINGGI
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAR
A. IDENTITAS
SEKOLAH : SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI
MATA PELAJARAN : MRL
KELAS / SEMESTER : X / GANJIL
STANDAR KOMPETENSI : Mengaplikasikan Rangkaian Listrik
KOMPETENSI DASAR : Memahami Konsep Rangkaian Listrik
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menjelaskan Pengertian Arus listrik, Tegangan Listrik/Gaya gerak listrik (ggl) dan hambatan Listrik
- Siswa dapat Menjelaskan timbulnya Tegangan dan Arus Listrik
- Siswa dapat menjelaskan Simbol dan Satuan Tegangan Listrik, Arus Listrik dan hambatan Listrik
- Siswa dapat mengidentifikasi hubungan variabel arus, tegangan, dan tahanan listrik
Berdasarkan hukum ohm. - Siswa dapat mengidentifikasi variabel arus dan arus cabang dalam suatu rangkaian
C. MATERI PELAJARAN- Menjelaskan Pengertian Arus Listrik, Gaya Gerak Listrik/ Tegangan Listrik dan Hambatan Listrik
- Menjelaskan Bagaimana Timbulnya Tegangan Listrik dan Arus listrik
- Menerangkan Simbol dan Satuan Tegangan Listrik, Arus Listrik dan hambatan Listrik
D. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi Kelompok
- Penugasan
- Praktek
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Absensi
- Motivasi
- Appersepsi
Kegiatan Inti
- Menjelaskan Konsep Muatan Listrik.Teori dasar Atom, Molekul dan senyawa
- Menjelaskan Elektron Valensi ‘
- Menjelaskan Benda Bermuatan Listrik
- Menjelaskan Pengertian Arus, tegangan dan Hambatan listrik
- Menjelaskan Hubungan Variabel Arus , tegangan dan Hambatan.
- Menentukan Hambatan ekivalen untuk R yang terpasng seri, parel dan campuran
Penutup
Memberikan Kesimpulan dari materi Ajar
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Absensi
- Motivasi
- Appersepsi
Kegiatan inti
- Menjelaskan Kepadatan Arus, Konduktansi
- Pengertian Arus, tegangan dan Hambatan listrik
- Menjelaskan pengaruh Suhu terhadap Hambatan Listrik
- Menjelaskan Hubungan Variabel Arus , tegangan dan Hambatan.
Penutup
Memberikan Kesimpulan dari materi Ajar
Pertemuan III
Kegiatan Awal
- Absensi
- Motivasi
- Appersepsi
Kegiatan inti
- Menjelaskan Hukum Ohm
- Menyederhanakan Hubungan seri, Seri-Paralel, Campuran Hambatan
- Menjelaskan Transformasi Segitiga Bintang-Bintang Segitiga
F. Sumber Belajar
- Modul
- Buku yang Releven
- Alat dan Bahan Praktek
- Jobsheet
G. Penilaian
1. Indikator
- Konsep Atom dan Mutan listrik dapat Dipaham
- Hambatan Bisa dihitung nilainya untuk variasi ynga dihubung seri, parallel dan campuran seri parallel
- Hubungan Variabel Arus (I), tegangan (V) dan Hambatan (R) bisa di identifikasi
- Transformasi segitiga bintang dan bintang segitiga dapat ditentukan
2. Teknik penilaian
- Evaluasi Tertulis
- Kerja Kelompok
- Penugasan
3. Bentuk Penilaian
. - Essay
Instrumen
- Hitunglah jumlah elektron yang mengalir melalui penampang kawat selama 1 detik dengan arus listrik 1 A!
- Hitunglah kepadatan arus dari suatu kawat alumunium yang mempunyai diameter 4 mm dan arus listrik yang mengalir 10 A!
- Hitunglah resistansi suatu kawat menganin dengan panjang 100 m, yang mempunyai luas penampang 0,1 mm2. dan hambat jenisnya 50 x 10-8 ohm meter!
- Jelaskan Pengertian Arus, Tegangan dan Hambatan Listrik serta sebutkan Satuannya dalam (standard International)
- Jelaskan Bunyi Hukum Ohm
- Hitunglah arus dan daya yang diserap oleh setiap resistor dalam rangkaian di bawah ini:
50V
20V
5W
10W - Hitunglah arus, daya dan tegangan setiap resistor dari rangkaian di bawah ini.
12 V
6 V
2 W
4 W
6 W - Berapakah besar hambatan pengganti antara A dan B, bila besarnya hambatan yang terpasang masing-masing adalah 20 Ohm !
- Hitunglah hambatan ekivalen antara A dan B dari rangkaian di bawah ini dalam !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar